Pengertian Par 3-5 dalam Golf

Kata par dalam permainan golf tentu sering kita dengar dalam permainan golf. Mungkin lebih sering dibandingkan kata gol dalam permainan sepakbola. Karena itu, setiap pemain golf pemula atau pemerhati permainan golf hendaknya mengetahui apa arti par dan penggunaannya dalam praktek permainan golf. 

Par sendiri awalnya adalah istilah dari dunia bursa saham. Umum dipahami bahwa saham bisa berada di atas atau di bawah angka yang normal atau ‘par’.

Menurut Strath dan Anderson permainan yang sempurna harus menghasilkan skor 49 untuk kompotisi 12 holes di Prestwick ini. Inilah yang disebutnya sebagai “par” untuk kompetisi di Prestwick. Menggunakan standar ini pula Tom Morris Junior disebut sebagai pemenang “The Open” termuda dengan torehan dua strokes “di atas par” untuk tiga putaran atau 36 holes.

Merujuk pada definisi USGA yang juga diadopsi PGI (Persatuan Golf Indonesia), seorang ahli atau pegolf laki-laki “melakukan pukulan tee hingga jarak rata-rata 250 yards atau k.l. 228,6 meter dan mencapai hole yang berjarak 470-yard atau k.l 429.7 meter  dengan dua kali pukulan pada muka air laut (sea level)”. Untuk wanita, USGA menetapkan jarak 210 yards dan 400 yard untuk urutan kategori yang sama. 

Sea level digunakan sebagai determinan sebab topografi yang lebih tinggi dari permukaan air laut bisa menghasilkan tambahan jarak hingga 10%, mengingat kondisi udara yang lebih tipis. 

Dengan demikian, hole yang dicapai pada kurang lebih 250 yard atau kurang dianggap sebagai Par-3. Ini yang akan menjadi tiket bagi pegolf untuk mengambil satu shot ke area green dan dua stroke untuk putt.

Menentukan Par-4 atau Par-5 mengikuti metodologi yang sama. Hole pada jarak 470 yards dianggap sebagai par-4, di atas itu dianggap sebagai par-5.

Penting diperhatikan bahwa pada beberapa lapangan golf kotak tee-nya bisa kurang dari 250 yards. Maka, panjang par-4 bagi pegolf pria mungkin par-5 bagi pegolf wanita).

1
Hello, welcome to Birdie Indonesia :-)
Powered by