Resiko yang mungkin terjadi jika tidak Pemanasan sebelum olahraga

stretching

halo guys, Sobat birdie Suka olahraga? Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Banyak orang mengatakan bahwa pemanasan sebelum olahraga sangat penting dilakukan. Jika tidak, Anda lebih berisiko mengalami cedera saat olahraga. Selain itu, pemanasan sebelum olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan performa Anda saat olahraga.   Jika tidak ingin kram mendadak saat sedang berolahraga atau pegal di sekujur tubuh sesudah berolahraga, lakukanlah pemanasan terlebih dulu sebelum masuk ke gerakan utama. Jangan pernah sekali pun melakukan aktivitas fisik tanpa pemanasan bila tak ingin menerima risikonya.

Pemanasan

Sesuai dengan namanya, pemanasan atau stretching adalah kegiatan yang dilakukan sebelum olahraga untuk membantu meningkatkan suhu tubuh Anda. Hal ini membantu mempersiapkan tubuh atau membuat tubuh beradaptasi dengan kegiatan olahraga yang akan Anda lakukan, sehingga tubuh tidak ‘kaget’ saat olahraga.

Mungkin anda dari kecil sudah biasa melakukan aktivitas pemanasan atau warming up sebelum berolahraga. Pada waktu sekolah dulu kita diajarkan untuk melakukan pemanasan dulu sebelum masuk ke pelajaran praktek olahraga di lapangan. Minimal kita disuruh lari-lari kecil keliling lapangan atau keliling di jalan-jalan luar sekitar sekolah. 

Pemanasan dapat membantu mempercepat detak jantung dan pernapasan Anda, sehingga aliran darah yang kaya nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan otot-otot Anda saat berolahraga dapat mengalir dengan lancar. Sesi pemanasan yang baik berlangsung dalam waktu 5-10 menit

Aktivitas yang dilakukan saat pemanasan adalah yang membuat semua kelompok otot utama bergerak, seperti latihan kardiovaskular yang dikombinasikan dengan peregangan. Latihan kardiovaskular dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan suhu tubuh, dan meningkatkan detak jantung. Sedangkan, latihan peregangan dilakukan untuk mempersiapkan otot sebelum berolahraga. Anda bisa melakukan gerakan jalan di tempat sambil mengayunkan lengan sebagai pemanasan sederhana.

Apa efeknya kalau tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga?

Tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga dapat menyebabkan Anda mengalami cedera. Cedera ini bisa terjadi dalam tingkat yang ringan sampai tingkat yang parah. Tak hanya itu, tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga juga dapat mengakibatkan hal-hal lain yang merugikan Anda, seperti berikut ini.

  1. Kurang siap dalam melakukan olahraga

Dalam segi mental, orang yang tidak melakukan pemanasan biasanya kurang siap dalam melakukan olahraga, terlebih olahraga yang berat atau yang dilakukan dalam waktu lama. Pemanasan merupakan kesempatan baik bagi Anda untuk mempersiapkan diri secara mental sebelum pertandingan olahraga. Di samping meningkatkan aliran darah ke otot dan sendi, pemanasan juga meningkatkan aliran darah ke otak, yang membantu dalam meningkatkan fokus dan kewaspadaan saat berolahraga.

 

 

  1. Resiko cedera lebih tinggi

Bagaimana cedera bisa terjadi? Cedera pada otot bisa terjadi ketika otot mendapatkan terlalu banyak tekanan, biasanya saat diregangkan di bawah tekanan seperti saat menurunkan beban berat. Cedera bisa terjadi karena otot tidak menghasilkan kekuatan yang cukup untuk menopang dirinya sendiri atau karena otot tidak berkontraksi pada waktu yang tepat untuk melakukan gerakan tertentu.

Ini bisa diakibatkan karena darah yang mengalir ke otot kurang menyediakan energi bagi otot untuk melakukan aktivitasnya. Mengapa begitu? Tidak cukup melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat mengakibatkan aliran darah kurang banyak menuju otot, sehingga otot kurang siap dalam menyediakan energi untuk melakukan gerakan-gerakan saat Anda olahraga.

  1. Menurunkan performa

Pemanasan dapat membantu menyiapkan tubuh Anda secara perlahan sebelum olahraga. Ini secara bertahap dapat meningkatkan sirkulasi darah dan detak jantung, sehingga sendi-sendi melonggar dan aliran darah yang diterima otot menjadi meningkat. Hal ini membuat tubuh Anda lebih siap dalam melakukan olahraga, cadangan energi di otot pun lebih tersedia untuk menunjang otot saat berolahraga. Sehingga performa Anda saat melakukan olahraga dapat lebih terjaga.

Beda halnya jika Anda tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Anda mungkin akan lebih cepat merasa lelah sehingga menurunkan performa Anda saat berolahraga.

(referensi : hellosehat.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Selamat Datang di website https://tokobirdie.com/4818-2
Jika kamu membutuhkan penawaran corporate atau bantuan lainnya, Silahkan chat kami ya..