Minum Kopi Sebelum Olahraga, Bagaimana Baiknya?

Minum kopi sebelum olahraga dengan cara yang tepat memiliki sederet manfaat bagi peminumnya. Dilansir dari Men’s Journal, sejumlah penelitian menunjukkan manfaat minum kopi sebelum olahraga antara lain: Meningkatkan metabolisme untuk membakar lebih banyak kalori dan lemak Menambah kinerja olahraga Meningkatkan fokus olahraga Mengurangi nyeri otot Baca juga: Minum Kopi Bisa Tingkatkan Performa Olahraga, Begini Caranya Ahli gizi spesialis olahraga yang berbasis di AS sekaligus pendiri Nutrition Conditioning Inc., Heidi Skolnik, menyebut kopi dapat menunjang olah fisik karena mengandung kafein. “Kafein adalah stimulan yang bekerja pada sistem saraf pusat dan jantung. Zat ini membantu pikiran dan tubuh lebih gigih saat olahraga,” jelas Skolnik,

melansir CNN Health. Tak hanya bersifat stimulan, kafein dalam kopi juga dapat merangsang terlepasnya senyawa kimia otak dopamin yang mengontrol rasa sakit dan menjaga suasana hati saat olahraga. “Orang yang minum kopi jadi lebih menikmati saat latihan sampai berkeringat. Selain itu, latihan juga lebih mudah,” terang Skolnik. Untuk memanen manfaat minum kopi sebelum olahraga yang optimal, asupan berkafein ini perlu dikonsumsi pada waktu sampai dosis yang tepat. Baca juga: Mudarat dan Manfaat Minum Kopi Hitam untuk Sakit Kepala Kapan waktu terbaik minum kopi sebelum olahraga? shutterstock Ilustrasi minum kopi Heidi Skolnik menjelaskan minum kopi sebelum olahraga tak boleh sembarangan.

Kafein dapat diserap tubuh dalam waktu 15 hingga 45 menit setelah dikonsumsi. Tapi kafein baru mencapai efek stimulasi puncaknya selang 30 sampai 75 menit kemudian. “Minum kopi paling baik sekitar satu jam sebelum berolahraga,” kata Skolnik. Dosis dan jenis minuman kopi untuk menunjang olahraga Kendati kopi dapat memberikan efek positif saat diminum sebelum berolahraga, konsultan untuk sejumlah tim olahraga beken di New York AS ini mengatakan porsinya tak boleh berlebihan. Minum kopi terlalu banyak sebelum berolahraga justru dapat memicu sakit perut, dehidrasi, jantung berdebar, dan masalah kesehatan lainnya. Skolnik mengatakan kebanyakan orang hanya membutuhkan 250 hingga 300 miligram kafein, atau setara satu sampai dua cangkir kopi per hari agar kinerja olahraganya membaik. Selain itu, Anda disarankan minum kopi dengan tambahan susu agar asupan protein dan karbohidrat meningkat. Pilihan susunya bisa susu sapi maupun kedelai. Baca juga: 8 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Perlukah minum kopi sebelum olahraga di malam hari? Minum kopi sebelum olahraga memang memiliki segudang manfaat untuk menunjang aktivitas fisik. Namun, hal itu tidak berlaku untuk orang yang berolahraga di sore atau malam hari. Anda tidak disarankan minum kopi sebelum olahraga di sore atau malam hari. Pasalnya, kafein dapat bertahan selama empat sampai enam jam setelah Anda minum kopi. Hal itu dikhawatirkan dapat menyebabkan susah tidur bagi sebagian orang. Tidur dan istirahat yang berkualitas di malam hari merupakan sesuatu yang penting untuk proses pemulihan setelah berolahraga sampai mengatur nafsu makan. Baca juga: Minum Kopi Saat Perut Kosong Bahayakan Kesehatan, Mitos atau Fakta? Jika Anda terpaksa membutuhkan kafein sebagai strimulan sebelum olahraga, pilih dengan bijak agar tidak mengganggu pola tidur. Gunakan kopi jenis coldbrew yang memiliki kandungan kafein lebih sedikit, atau kopi yang disangrai dengan tingkat kematangan sempurna. Minum kopi tersebut maksimal pukul tujuh malam. Apabila minum kopi memengaruhi waktu tidur, ganti asupan kafein sebelum olahraga malam dengan teh yang memiliki kadar kafein lebih rendah dibandingkan kopi.

sumber: kompas

1
Hello, welcome to Birdie Indonesia :-)
Powered by