Manfaat Olahraga Bagi Tubuh, Ternyata Bisa Mengurangi Resiko Depresi Loh

Olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Setiap orang pun dapat merasakan manfaat kesehatan dari olahraga atau aktivitas fisik. 

Manfaat Olahraga Untuk Otak  

Manfaat olahraga untuk otak salah satunya adalah meningkatkan kemampuan kognisi terutama untuk anak-anak usia 6 sampai 13 tahun. Sementara bagi orang dewasa dapat mengurangi perasaan cemas.  Hal ini juga dapat mengurangi risiko depresi dan kecemasan serta membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Menjaga Berat badan

Berat badan akan bertambah ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dan tidak sebanding dengan jumlah kalori yang dibakar. Sehingga penting untuk menyeimbangkan kalori. Dalam hal menjaga berat badan, kebutuhan dan durasi waktu olahraga setiap orang bervariasi.

 Anda mungkin perlu lebih aktif daripada orang lain untuk mencapai atau mempertahankan berat badan ideal. Setidaknya lakukan olahraga aerobik intensitas sedang hingga 150 menit seminggu. Misalnya, 30 menit sehari yang dilakukan selama 5 hari dalam seminggu. 

Mengurangi risiko terkena penyakit tertentu  

Olahraga secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Olahraga secara teratur juga mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah kombinasi dari terlalu banyak lemak di sekitar pinggang, tekanan darah tinggi, kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) rendah, trigliserida tinggi, atau gula darah tinggi.

Memperkuat tulang dan otot 

Olahraga teratur juga menurunkan risiko patah tulang pinggul, cedera akibat jatuh, artritis, dan rematik. Jenis olahraga yang direkomendasikan untuk memperkuat tulang dan otot di antaranya adalah aerobik, lari, jalan cepat, dan jumping jack. 

Meningkatkan kebugaran dalam beraktivitas harian

Saat kondisi badan melemah maka aktivitas harian seperti naik turun tangga, berbelanja bahan makanan, atau melakukan pekerjaan rumah dan sehari-hari menjadi agak berat. Rutin berolahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas.  

Source : Sehatkontan.co.id

Open chat
Butuh bantuan Birdie Team?
Hello 😃
Selamat Datang di website https://tokobirdie.com/manfaat-olahraga-bagi-tubuh
Jika kamu membutuhkan penawaran corporate atau bantuan lainnya, Silahkan chat kami ya..